VIRUZ

Eheeemmm

Kelengangan yang biasa nampak di BPKB DIY di setiap Jumat sore hari, tidak terasa pada sore hari Jum'at ini (21/5). Hal ini dikarenakan, berkumpulnya 50 orang warga belajar dan tutor paket C untuk mengikuti seminar sosialisasi paket C Kejuruan Bidang Keahlian TKJ. Selain itu hadir pula Kepala BPKB DIY, Dra. Tugini Tri Hayati dan narasumber Dr. Zaenal Mustofa dari Fakultas Ekonomi UII.

Acara dimulai dengan laporan koordinator tim pengembang, Dr. Cipto Sancoko. Dalam laporannya Beliau berujar bahwa program paket C kejuruan bidang keahlian TKJ yang akan dilaksanakan selama 3 tahun di BPKB DIY ini merupakan program yang pertama kali dilaksanakan dalam dunia pendidikan luar sekolah di Indonesia. Tentu saja sambutan yang hangat dari pemerintah dan masyarakat akan sangat membantu berlangsungnya program ini. "Apalagi slogan Yogyakarta sebagai kota pendidikan, kota pelajar dan kota teknologi mendukung pelaksanaan program ini. Hal ini ditunjang lagi dengan fasilitas yang kami miliki, yakni laboratorium komputer dan bahasa" ujar Doktor yang baru saja mendapatkan gelar S3-nya ini.

Selanjutnya Ibu Dra. Tugini Tri Hayati menyampaikan sambutan selaku Kepala BPKB DIY. Beliau mengaku sangat "appreciate" atas kemauan para peserta paket C TKJ dalam mengembangkan diri dengan mengikuti program paket C TKJ ini. Beliau juga menyampaikan bahwa salah satu tujuan BPKB DIY adalah ingin melayani masyarakat, dan pada prinsipnya pelayanan ini tidak terbatas pada paket C TKJ saja, tetapi kedepan bisa saja akan ada jurusan lain yang dikembangkan. "Intinya, kami ingin mendampingi adik-adik semua dengan tidak hanya pendidikan sepotong-sepotong saja, tetapi dengan pendidikan seumur hidup", ungkap Ibu Tugini.
Drs. Mulyanta, M.Kom. selanjutnya memaparkan tentang hal teknis yang berkaitan program paket C TKJ ini. Beliau memaparkan bahwa hari ini jikalau diibaratkan perkuliahan, maka bisa dikatakan sebagai kuliah umum atau kuliah perdana, dengan materi yang disampaikan adalah tentang motivasi. "Mulai Bulan Juni kita sudah mulai melaksanakan pembelajaran paket C TKJ. Dan selama bulan Juni hingga Juli, pelaksanaan paket C ini akan kita laksanakan secara penuh setiap sore hari di BPKB DIY. Rekan-rekan menjadi motor pertama kali kegiatan paket C Kejuruan ini. Oleh karena itu kami berharap dengan sangat baik tentang program paket C TKJ ini. Di awal bulan Juni nanti, akan kita adakan outbond supaya bisa menyatukan langkah, semangat dan jiwa kebersamaan kita," jelas Pak Mul menutup pemaparannya.

Terakhir, disampaikan motivasi belajar dan berwirausaha oleh Dr. Zaenal Mustofa. Beberapa motivasi yang Beliau sampaikan diantaranya adalah: semulia-mulia pekerjaan adalah usaha seseorang dengan tangannya sendiri. Selanjutnya Beliau juga menyampaikan bahwa pengetahuan diri paling baik adalah dengan dipelajari, bukan dengan merenung atau meditasi. Beliau juga menyarankan agar kita semua berusaha keras untuk melakukan tugas kita agar kita bisa mengetahui siapa diri kita ini. "Kesuksesan tidak datang dengan mudah dan selalu ada rintangan dan halangan. Bukan rintangan yang menghalangi, tetapi terkadang pikiran kitalah yang membatasi. Oleh karena itu, marilah kita mulai berpikir sukses, salah satunya adalah dengan serius mengikuti program paket C TKJ ini," ujar Dr. Zaenal di akhir motivasinya.


http://www.bpkbdiy.com

Categories:

Leave a Reply